Sekedar Catatan Saja ...

Evolusi Komputer Portabel "Laptop"





















1975 - The IBM Model 5100

Komputer Portable pertama di dunia dg berat 60 pounds, dengan kostruksi bagai tank militer, dan hanya bersumberkan pada tenaga listrik (AC).



































1980 - The HP 85

Hampir mirip dengan tiruan IBM 5100, hanya HP 85 lebih kecil, ringan dan ada tambahan thermal printer didalamnya. Komputer ini juga hanya dapat bekerja dengan tenaga listrik / AC.







1981 April - The Osborne 1

Floppy disk drives menggantikan fungsi tape drives, dan keyboard terpisah. Osborne 1 boleh jadi merupakan konsep portabel pertama yang sesungguhnya, berdasar atas konsep keyboard yang melindungi layar display. Serta adanya tambahan battery, sebagai alternatif sumber tenaga







1981 November - The Epson HX-20

Dilengkapi layar LCD yang kecil, HX-20 merupakan komputer "notebook" pertama di dunia. Dilengkapi dengan micro-cassette drive dan thermal printer.



1982 November - The Compaq PC

Compaq menyaingi IBM secara telak dengan memproduksi tiruan mesin IBM yang lebih sempurna, portabel dan juga sudah bisa di-booting.



1983 March - The Radio Shack TRS-80 Model 100

Model 100 mempunyai program pengolah kata dan Microsoft BASIC dalam ROM-nya. Terjual dengan laris sehingga muncul banyak model dari Radio Shack ini.



1983 November - The Epson PX-8

Pengembangan dari HX-20, PX-8 berlayar lebar, dapat dilipat dan dilengkapi CP/M di dalam ROM-nya.



1984 February - The IBM Portable PC

IBM menempatkan motherboard PC standar bersama monitor dalam satu tempat, bersama 3.5 floppy disk drive, untuk bersaing dengan Compaq. Tetapi hal ini tidak berlangsung lama.



1986 April - The IBM PC Convertible

Laptop IBM yang pertama kali diakusisi dan dikembangkan secara resmi oleh industri pc yang dirintis secara besar-besaran oleh Toshiba.



1989 September - The Apple Macintosh Portable

Komputer Macintosh portabel yang pertama kali, dan boleh jadi merupakan komputer yang pertama kali dengan layar active-matrix (monochrome).





























































Sumber http://www.computercloset.org/PortableEvolution.htm



0 comments:

Post a Comment

Recent Visitor


Powered by Find IP Address
 
Copyright © Just NoteBook. All rights reserved.
Design by Wpthemedesigner.
Converted By Anshul.